Tips belanja online

1. Punya alamat offline yang jelas.
Hal terpenting untuk memilih toko online adalah toko online tersebut punya alamat toko offline yang jelas. Apabila toko online tersebut punya alamat yang jelas dan anda punya teman atau saudara dekat dengan alamat tersebut kalau memungkinkan tanyakan keberadaan alamat tersebut untuk memverifikasinya.

2. Cek buku tamu atau testimoni.
Cek lah testimoni atau buku tamu dari blog atau website dari toko online tersebut. Hal ini sangatlah penting untuk mengecek kredibilitas penjual pakaian online murah yang sebenarnya. Baca tanya jawab pada buku tamu atau beberapa komentar pembeli lain yang puas dengan servis dan produk penjual pakaian online murah bisa memberikan kita sedikit jaminan bahwa penjual tersebut memang memilik reputasi yang baik.

2. Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai toko online tersebut.
Kalau bisa carilah toko pakaian online yang pernah direview di website atau koran atau mencari data di social network facebook/twitter/ linkedin atau yang paling meyakinkan apabila ada teman, saudara dari teman yang pernah bertransaksi pada toko online tersebut sehingga anda bisa tanyakan langsung kepada mereka bagaimana reputasi dari toko online tersebut.

3. Berhati-hatilah dalam bertransaksi.
Sebisa mungkin jangan gunakan kartu kredit anda untuk berbelanja di pakaian online yang baru anda temui. Informasi standar yang anda berikan pada penjual pakaianbiasanya hanya nama, alamat, nomor telepon, atau mungkin nomor rekening untuk mengembalikan uang sekiranya terjadi refund. Jangan pula langsung percaya pada janji-janji manis penjual pakaian murahyang belum tentu benar.

4. Beli dalam kuantitas kecil dulu.

Jika anda belum yakin dengan kredibilitas penjual, cobalah belanja pakaian dalam kuantitas kecil dulu, sehingga anda tidak terlalu kecewa apabila ternyata produk yang anda beli tidak sesuai harapan.
5. Cek rekening penjual.
Perhatikan rekening penjual, apa sering berubah, karena biasanya kalau sering berubah itu tanda tanda penjual ingin menutupi identitasnya. Saya sering mendengar banyak orang yang akhirnya terhindar dari penipuan karena mengikuti perasaan ketika belanja pakaian online. Jika anda tidak merasa sreg dengan seorang penjual, dan melihat tanda-tanda kurang beres dari penjual pakaian murah(misalnya, konfirmasi yang sangat lambat, kata-kata yang ketus, alasan dan janji buta yang kurang masuk akal, data penjual yang kurang lengkap), lebih baik anda tidak melanjutkan transaksi atau melakukan cash on delivery dengan penjual tersebut saat belanja pakaian online.

6. Cash on delivery.
Tentu saja, beberapa toko online tidak memiliki sistem cod . Namun jika alamat anda berada disekitar toko online tersebut, alangkah baiknya transaksi pertama anda lakukan langsung di alamat offline toko online tersebut. Apabila dalam transaksi tersebut memang memang tidak ada masalah maka untuk selanjutnya anda bisa lanjutkan dengan bertransaksi secara online.

Itulah beberapa tips bertransaksi online secara aman, meskipun tidak semua saran diatas lengkap terpenuhi tapi anda tetap ingin bertransaksi maka bisa anda lakukan dengan logika dan kehati-hatian apabila ada yang tidak beres dengan transaksi tersebut anda bisa cepat membatalkannya.

Happy shopping salam dari kami busanamuslim-tanahabang.blogspot.com dan bajumurah-tanahabang.com